Wednesday, May 30, 2012

QR Code Tren Digital Marketing Indonesia

Saat ini kita berada dalam era digital dimana jumlah netizen di Indonesia pun melonjak drastis , netizen adalah pengguna internet yang menghabiskan sebagian besar waktu 24 jamnya untuk tetap terconnect dengan internet, lonjakan ini dipengaruhi oleh berbagai macam tren sosial yang terus berdatangan, mulai dari Blogs, Facebook, hingga kini dengan Twitter.

Gadget pun tak kalah canggihnya yang mendukung aplikasi tren – tren social ini, mulai dari handphone, Blackberry, Android hingga iPad. Bagi pemasar, kekuatan para netizen tentunya dapat dijadikan sebagai peluang maupun tantangan tersendiri.

Pemasar  harus mampu menyentuh tekhnologi yang digunakan oleh para konsumen, Sehingga saat ini makin banyak perusahaan yang menggunakan pihak ketiga yaitu Digital Marketing Agency untuk melakukan pemasaran secara online. Memasarkan produk dengan cara tradisional  dari rumah ke rumah, dan menyebarkan brosur secara manual sudah tidak efektif lagi . Sumber daya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi offline ini tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh.

Sampai saat ini promo online melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter  masih menjadi andalan di Indonesia. Akan tetapi, terdapat tren pemasaran dengan Digital Agency yang dipercaya akan semakin berkembang Di Indonesia yaitu Pemasaran dengan QR Code.

QR Code atau Quick Response Code sebenarnya sudah lama ada di Indonesia, namun banyak yang belum mengetahui fungsinya untuk mempromosikan produk dan jasanya. Tujuan dari QR code ini adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

Seperti yang dilakukan salah satu pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Pusat. Daripada direpotkan dengan memajang banyak promosi dan diskon yang belum tentu diperhatikan orang karena biasanya hanya sekedar lewat tanpa memperhatikan isi poster. Maka  mereka lebih memilih untuk memasang QR Code. Selain itu juga dengan banyaknya promosi dalam satu poster akan membingungkan bagi yang membaca.

Seringkali, promosi dipajang besar-besar namun kemudian ternyata memiliki catatan kecil di bawahnya, yang mengecoh bahkan ternyata merugikan pelanggan karena kurang detailnya dalam membaca syarat dan ketentuan berlaku dalam promosi tersebut. Hal ini tidak akan terjadi bila menggunakan  QR Code,  karena pelanggan dapat dengan santai membaca detail promosi, memperhatikan setiap syarat dan ketentuan yang ada.

QR Code ini dapat digunakan pada smart phone yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet. Anda tinggal men-scan QR code tersebut maka anda akan segera terhubung dengan website yang berisi informasi mengenai produk tersebut tanpa anda harus mengetikkan link URL terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment