Friday, June 1, 2012

Cermat Dalam Memilih Produk Asuransi Kesehatan

Cermat Dalam Memilih Produk Asuransi Kesehatan – Kesehatan merupakan hal yang tak ternilai harganya. Kesehatan merupakan modal utama untuk melakukan berbagai aktivitas,  seperti beraktivitas di rumah, sekolah maupun di tempat kerja. Bila badan sedang tidak sehat maka segala aktifitas yang kita lakukan menjadi terbengkalai.

Pada saat jatuh sakit orang akan berusaha semaksimal mungkin agar segera sembuh dengan cara berobat ke dokter, rumah sakit bahkan sampai ke pengobatan alternative. Biaya kesehatan yang dikeluarkan untuk pemulihan kesehatan ini seringkali sangat mahal. Bahkan banyak yang sampai menguras tabungan dan menjual harta bendanya untuk biaya berobat.

Kita bisa tertimpa musibah sewaktu-waktu, misalnya kecelakaan yang menyebabkan harus dirawat di rumah sakit. Hal semacam ini tidak bisa diprediksi sehingga tidak heran bila banyak orang yang berusaha mengantisipasi resiko kesehatan ini dengan membeli polis asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan merupakan lembaga yang memberikan jaminan kesehatan dan memberikan janji menanggung resiko sakit atau kejadian lain yang membuat nasabah asuransi harus memperoleh perawatan medis. Memilih Perusahaan asuransi terbaik

Yang mampu memberikan manfaat serta sesuai dengan kebutuhan kita bukan merupakan hal yang mudah terlebih pada saat ini sudah banyak perusahaan asuransi jiwa di masyarakat.

Oleh karena itu sebelum mendaftarkan diri untuk membeli Polis Asuransi kesehatan, kita harus mempertimbangkan beberapa hal, berikut ini Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan :

Pertama yang harus dilakukan adalah mencari kumpulan informasi asuransi terbaik dari berbagai sumber, seperti artikel asuransi, leaflet, brosur  maupun konsultan asuransi. Cermati setiap peraturan yang diberlakukan dalam perusahaan asuransi tersebut. Catat semua informasi penting mengenai asuransi tersebut dalam sebuah tabel.  Informasi penting mengenai asuransi yang harus dicatat meliputi manfaat yang ditawarkan perusahaan asuransi, besarnya premi yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi , masa proteksi, prosedur klaim asuransi dan daftar rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi.

Kemudian sebaiknya cari tahu tentang berita asuransi dan manfaat apa yang ditawarkan dalam perusahaan asuransi kesehatan tersebut, apakah hanya mencakup tindakan dokter, rawat inap, obat-obatan, operasi, atau mencakup semua layanan kesehatan yang dibutuhkan. Catat juga mengenai apakah asuransi kesehatan tersebut berlaku untuk penyakit kritis seperti penyakit kanker, jantung, diabetes, dll, dan penyakit kritis apa saja yang dicover, cacat tetap misalnya akibat penyakit stroke atau kecelakaan apakah juga dicover.

Anda harus mencermati mengenai masa proteksi yang ditawarkan. Karena banyak perusahaan asuransi jiwa yang memberi janji layanan kesehatan ini dan itu, tetapi ternyata saat dibutuhkan masa proteksi asuransinya sudah kadaluarsa. Perusahaan asuransi kesehatan yang baik akan memberikan masa proteksi kesehatan sampai dengan umur 75 tahun, karena pada usia lanjut ini orang lebih cenderung mudah terserang penyakit dan membutuhkan klaim asuransi kesehatan.

Hal paling penting dan wajib diketahui dengan pasti adalah mengenai bagaimana cara kita bisa mengajukan klaim asuransi dan bagaimana perusahaan akan membayarnya. Pada umumnya ada dua cara pembayaran klaim, yaitu menggunakan system reimbursement ( penggantian) dan system cashless. Dan pastikan juga bahwa Anda memilih produk asuransi kesehatan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan keuangan anda.

Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk meyakinkan diri  mengenai produk asuransi dari perusahaan mana yang kan anda pilih dan paling tepat menurut anda adalah dengan mendatangi perusahaan asuransi yang bersangkutan dan berkonsultasi secara langsung dengan agen asuransi tanyakan semua informasi asuransi kesehatan yang anda butuhkan secara mendetail sehingga anda memperoleh gambaran secara mendetail mengenai kebutuhan akan layanan asuransi kesehatan. Dari hasil kunjungan tersebut, Anda bisa membuat keputusan yang lebih bijaksana tentang perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.

Itulah beberapa tips dalam memilih produk asuransi kesehatan yang tepat, yang sebaiknya Anda lakukan sebelum memilih satu perusahaan asuransi kesehatan. Hal – hal tersebut diatas  akan menjadi pertimbangan yang penting untuk dapat menyelamatkan Anda dari rasa kecewa akibat salah memilih perusahaan asuransi.

No comments:

Post a Comment